Skip to main content

#‎PENYAKIT‬ BUANG AIR KECIL TERUS MENERUS



PENYAKIT‬ BUANG AIR KECIL TERUS MENERUS
Kita semua nya pasti pernah merasakan dong buang air kecil secara terus menerus?? Ternyata itu bukan hal yang sepele, bisa saja berpotensi terkena Diabetes Insipidus. Sudah Banyak yang berpotensi terkena Diabetes Insipidus tapi kebanyakan dari mereka terlalu menganggap remeh hal ini, padahal hal ini dapat sewaktu-waktu membahayakan jiwa siapa saja dan tidak memandang umur.
Pertama kita harus tau dulu salah satu fungsi ginjal dan hormon yang mengatur nya, makanan dan minuman yang kita konsumsi akan dicerna oleh saluran pencernaan. Yang berguna bagi tubuh akan diserap masuk ke dalam darah dan digunakan untuk proses metabolism, sedangkan yang tidak dapat diserap ataupun sisa-sisanya (ampas), akan dibuang dalam bentuk tinja. Ada berbagai hormon yang ikut mengatur pengeluaran urin, salah satunya yang penting adalah hormon anti diuretik (ADH = anti diuretic hormon) atau lebih dikenal dengan nama vasopresin. Anti diuretik berarti menahan cairan.
Bila tubuh mendeteksi jumlah cairan di dalam tubuh melebihi normal, maka vasopresin akan dikeluarkan ke dalam darah. Namun sebaliknya, bila terdeteksi jumlah cairan dalam tubuh kurang dari normal, maka vasopresin tidak akan dikeluarkan ke dalam darah. Vasopresin yang ada dalam darah berguna untuk meningkatkan permeabilitas epitel duktus pengumpul ginjal (salah satu komponen ginjal) terhadap air, sehingga jumlah urin yang dihasilkan meningkat.
Sekarang kita telah mengetahui tentang salah satu fungsi ginjal dan homon yang mengaturnya, hal ini menjadi dasar bagi kita untuk dapat mengerti dengan baik tentang diabetes insipidus.
Penyebab sering buang air kecil :
1.Sistitis
Sisitis merupakan dorongan kuat yang membuat si penderita ingin kencing, kondisi ini terjadi karena peradangan pada kandung kemih ataupun uretra. Saat si penderita kencing, urin yang dikeluarkan hanya sedikit, dalam istilah jawa, sisitis lebih dikenal dengan istilah anyang-anyangen.
2.Minum berlebihan
Rasa haus yang berlebihan memicu anda untuk minum berlebihan, akibatnya anda harus berkali-kali bolak balik ke kamar mandi untuk kencing. Cari tahu penyebab keseringan buang air kecil tersebut sehingga anda tidak perlu kencing terus menerus, bila anda sebelumnya mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi, cukup normal bagi tubuh untuk meminta asupan air lebih banyak, akan tetapi bila sering haus tanpa alasan yang pasti, bisa saja kondisi tersebut karena anda mengidap diabetes. Namun untuk lebih jelasnya periksakan diri anda ke dokter.
3.Kafein
Kopi yang mengandung kafein merupakan salah satu minuman yang bersifat diuretic, artinya minuman tersebut bisa menyebabkan keseringan buang air kecil. Bila anda mengkonsumsi kopi, sangat disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi segelas air.
4.Obat
Bila anda sedang menjalani pengobatan tertentu tidak menutup kemungkinan bila anda sering buang air kecil, ada beberapa jenis obat tertentu yang bersifat diuretic sehingga anda akan sering kencing bila masih dalam masa pengobatan. Bila pengobatan tersebut telah selesai, maka kondisi tubuh akan kembali normal.
5.Kandungan kemih hiperaktif
Kandung kemih bisa jadi hiperaktif karena berbagai hal misalnya saat anda depresi, stress ataupun dalam keadaan tertekan. Akibatnya anda sering kencing, mereka yang telah berusia senja pun juga tidak memiliki kontrol terhadap kandung kemih karena gangguan penyakit ataupun infeksi.
6.Pembesaran prostat
Kelenjar prostat yang mengalami pembengakkan bisa memicu keseringan buang air kecil, kondisi ini menyebabkan kandungan kemih cepat penuh dalam menampung urin sehingga si penderita harus mengeluarkan urinnya sesering mungkin.
Diabetes insipidus diobati dengan mengatasi penyebabnya, vasopresin atau desmopresin asetat (dimodifikasi dari hormon antidiuretik) bisa diberikan sebagai obat semprot hidung beberapa kali sehari untuk mempertahankan pengeluaran air kemih yang normal. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi obat ini bisa menyebabkan penimbunan cairan, pembengkakan dan gangguan lainnya.
Suntikan hormon antidiuretik diberikan kepada penderita yang akan menjalani pembedahan atau penderita yang tidak sadarkan diri, kadang diabetes insipidus bisa dikendalikan oleh obat-obatan yang merangsang pembentukan hormon antidiuretik, seperti klorpropamid, karbamazepin, klofibrat dan berbagai diuretik (tiazid). Akan tetapi obat-obat ini tidak mungkin meringankan gejala secara total pada diabetes insipidus yang berat.
Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Heboh kucing yang takut pada tikus (tom and jerry di dunia nyata)

Netizen heboh atas kejadian yang sagnat diluar nalar akal sehat , Akun Facebook Buruhe Formosa mengunggah sebuah video lucu unik serta menggelitik untuk ditonton, dalam video tersebut, nampak jelas bahwa ada seekor kucing yagn berukuran standard berada di dalam sebuah ruang dapur. Keanehan terjadi saat seekor tikus tiba tiba mendekati seekor kucing tersebut, dan anehnya si kucing bukannya mengejar dan memakan tikus tersebut, namun yang terjadi adalah sebaliknya, si tikus mengejar si kucing dengan ber ingas, namun si kucing malah ketakutan dan berusaha menghindari serangan dari si tikus tersebut keanehan yang lain adalah tikus tersebut tidak takut pada pemilik rumah yagn mngabadikan video kejadian aneh terserbut. pada akhir video nampak si tikus menyerang si kucing dengan membabi buta dan si kucing terkaget kaget untuk melihat video kucing yang takut pada tikus (tom and jerry di dunia nyata) silakan klik pada video berikut  

#‎RENUNGAN‬ UNTUK SEORANG ANAK

#‎ RENUNGAN‬ UNTUK SEORANG ANAK “ Seorang Ibu Tidak Pernah Memintamu Untuk Meletakkan Dunia Di Tangannya, Namun Tutur Kata Yang Halus, Perangai Yang Santun, Prilaku Yang Bertanggung Jawab Dari Seorang Anak Yaitu Kebahagiaan Bagi Seorang Ibu “. Semoga Kita Bisa Menjadi Anak Yang Selalau Berbakti Kepada Kedua Orang Tua,Terutama Kepada Ibu Kita Sendiri. Aamiin Ya Allah Selamat Malam Selamat Beristirahat Bunda Dan Sista

Mengerikan sekaligus menakutkan, Ular berukuran sangat besar di tangkap hidup hidup di atas atap rumah warga

posting kali ini kami mempostingkan video yang dishare dari akun facebook dengan nama akun Nouna Joo Nouna Joo berikut ini adalah video penangkapan tersebut    mengenani berita tentang ular yang sangat besar yang ditangkapdi atas atap rumah warga, warga bergotong royong menaklukan ular tersebut supaya dapat ditangkap hidup hidup, namun belum jelas dimana lokasi penangkapan ular tersebut, berdasarkan logat bahasa yang dapat didengar dari video terserbut, dapat disimpulkan kemungkinan besar rumah berada di area jawa tengah atau yogyakarta dan sekitar nya, karena bahasa jawa dari jawa timur dar jawa tengah banyumasan tidak sebagai mana logat yagn ada di dalam video tersebut ular panjang tersebut akhirnya di turun kan oleh warga dari atap rumah dengan mengikat mulut ular dengan lakban dan membongkar atap rumah sebanyak 2 buah ethernitberukan 1x1 meter,