Skip to main content

#‎BAHAYA‬ WASIR SAAT MELAHIRKAN



#‎BAHAYA‬ WASIR SAAT MELAHIRKAN
Di saat hamil, banyak sekali hal-hal yang tadinya dianggap sepele menjadi serius. Hal tersebut misalnya saja adalah penyakit wasir atau ambeien atau hemorrhoid. Menginjak trimester ketiga hingga saatnya melahirkan, penyakit ini biasanya muncul dan mengganggu ibu hamil.
Wasir adalah gangguan pembuluh darah di daerah rektum (anus) yang biasanya berupa pembengkakan. Bentuknya bisa bulatan yang menonjol dan lembaran yang ke luar anus (wasir eksternal), atau hanya perih di bagian dalam anus (wasir internal) saja. Selama masa kehamilan, wasir memang mengganggu. Akan tetapi saat melahirkan, wasir ini bisa berbahaya. Apa saja bahaya wasir saat melahirkan?
Mekanisme terbentuknya wasir pada trimester ketiga di masa kehamilan bisa dijelaskan sebagai berikut.
1. Pertumbuhan janin bayi dan juga rahim menekan pembuluh darah di bagian panggul dan juga vena cava inferior di bagian kanan tubuh.
2. Karena hal itu, laju sirkulasi darah di bagian bawah tubuh melambat.
3. Akibatnya, tekanan pembuluh darah di bagian bawah rahim meningkat dan akhirnya, pembuluh darah di daerah rektum menjadi bengkak.
Tak hanya itu saja, wasir juga terjadi akibat kenaikan berat badan (terutama berat perut) yang sangat drastis di trimester ketiga. Bahkan, melakukan posisi yang lama selama trimester ketiga (terlalu banyak duduk atau berdiri) serta fluktuasi hormon di trimester ketiga, turut berkontribusi dalam timbulnya wasir.
Bahaya wasir saat melahirkan salah satu di antaranya adalah tidak bisanya si ibu hamil melahirkan dengan jalan normal. Hal ini karena jika dipaksakan, saat mengejan nanti, wasir si ibu hamil bisa bertambah parah. Jika sudah demikian, wasir akan susah disembuhkan dan bukan mustahil, satu-satunya cara penyembuhan adalah dengan operasi pemotongan wasir. Sebagai catatan, operasi pemotongan wasir merupakan operasi yang cukup menyakitkan, terlebih bagi ibu hamil. Hal ini karena saat dan pasca-operasi, ibu hamil tidak bisa memakai pain killer dalam jumlah banyak (berbahaya bagi janin bayi).
Jadi jika saat hamil hingga menjelang hari perkiraan lahir (HPL) Anda masih mempunyai wasir, melahirkan dengan operasi cesar merupakan pilihan satu-satunya. Hal ini tentu saja mengingat bahaya wasir saat melahirkan terhadap Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Uang pecahan baru Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah)

Beberapa hari lalu penulis mendapatkan broadcast tentang diterbitkannya Uang pecahan baru Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) oleh BI,namun setelah baca informasi dari banyak link ,dinyatakan bahwa berita tersebut hoax, belum ada konfirmasi atas penerbitan Uang pecahan baru Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) tersebut oleh bank indonesia

berdasarkan gambar yang diperoleh oleh penulis,nampak bahwa  Uang pecahan baru Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) yang di share, berwarna mirip pecahan 10.000 rupiah , biru ke arah ungu dengan tulisan nominal  Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah)


namun saat penulis memposting gambar uang Uang pecahan baru Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) terserbut pada akun facebook, ada rekan penulis yang menyatakan bahwa orang tersebut pernah melihat secara langsung Uang pecahan baru Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) tersebut dan memberikan komentar "Q wis weruh 2bln yg lalu. Iki sue sue 1jt jd uang receh"(aku udah lihat uang tersebut 2 bulan lalu, lama lam…

TANGGAPAN PENGELOLA PESANTREN LULUSAN "GONTOR" DI JAWA TIMUR ATAS KELAKUAN HARRY TANOE

TANGGAPAN PENGELOLA PESANTREN LULUSAN "GONTOR" DI JAWA TIMUR ATAS KELAKUAN HARRY TANOE YANG DIREKOMENDASIKAN OLEH SAID AQIL SIRADJ KETUA PB NU KE PESANTREN "AL FALAH" BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN DAN KELAKUAN SANTRINYA DALAM MENGHORMATI ORANG KAFIR DENGAN KETERLALUAN:






Karena banyaknya pertanyaan yang masuk ke saya terkait foto di atas, maka saya merasa perlu menyampaikan sikap sbg salah seorang yang diamanati mengasuh sebuah pesantren:
Kedua pemandangan di atas sungguh sebuah ironi. Terlepas dari perdebatan fiqhiyah boleh tidaknya non-muslim masuk masjid, akan tetapi ada bbrp hal yg perlu saya kritisi:
1. Jangan merendahkan diri di hadapan non-muslim, apalagi dg reputasi pergerakan yg nyata-nyata seringkali melukai hati umat, spt penyelenggaraan miss word, dsb.
2. Santri perlu dididik tentang makna "izzah" dan "iffah" yaitu kemuliaan jati diri sebagai muslim dan kesuciannya. Ini harus diteladankan oleh kiainya, orang non-musl…

Amokrane, Atlit MMA yang membuat onar di pulau bali akhirnya meninggal ditembak polisi

RIP Amokrane, one of the MMA athlete got a shot from police after make people around berawa canggu scared. He being rude and want to fight everyoneHe got shot because he bring knife an hurt one of the police.  People in bali always welcome for foreigner who want to come. But please respect us, and we will respect to you, even more. begitu caption yang di berikan oleh netizen bernama Sugiartha Save dengan mengupload foto foto kematian amokrane yang berdasar informasi ditembak oleh aparat.  





Pembuat onar di Bali tewas tertembak peluru polisi,sebelumnya pelaku menyerang polisi hingga tewas dg bberapa luka tusukan..begitu share yang di post kan oleh netizen bernama Beny Kenzie